ACCC memberi MYOB lampu hijau untuk mengakuisisi GreatSoft

ACCC memberi MYOB lampu hijau untuk mengakuisisi GreatSoft

persetujuan.jpg

Gambar: Getty Images

Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) telah memberikan lampu hijau kepada firma perangkat lunak akuntansi cloud MYOB untuk mengakuisisi GreatSoft, meskipun pada awalnya menimbulkan kekhawatiran bahwa transaksi tersebut dapat “secara substansial” mengurangi persaingan di pasar perangkat lunak akuntansi.

Pada bulan Februari, ACCC mengatakan jika mereka mengizinkan MYOB untuk mengakuisisi GreatSoft, hanya akan ada tiga pemasok utama perangkat lunak manajemen praktik untuk firma akuntansi menengah hingga besar. Pengawas konsumen juga percaya bahwa GreatSoft memiliki potensi untuk tumbuh menjadi perusahaan yang lebih besar.

Namun, setelah investigasi terhadap potensi pertumbuhan GreatSoft, ACCC menyimpulkan bahwa perusahaan tersebut “kemungkinan besar [to] menghadapi tantangan dalam mengembangkan basis pelanggan kecilnya dalam jangka pendek hingga menengah jika akuisisi tidak dilanjutkan “.

“Pertumbuhan GreatSoft telah dibatasi sejak memasuki pasar dan kami melihat sedikit bukti bahwa hal itu akan tumbuh menjadi kekuatan yang signifikan di pasar dalam jangka pendek hingga menengah,” kata komisaris ACCC Stephen Ridgeway.

“GreatSoft harus mengelola ketidakpastian pasar yang timbul dari transaksi ini, mempertahankan integrasi dengan pihak ketiga, beberapa di antaranya adalah pesaing, dan prospeknya tidak terlihat baik karena telah melewatkan jendela penjualan perdana bagi akuntan untuk beralih pada 1 Juli.”

ACCC menambahkan bahwa setelah akuisisi yang diusulkan, baik MYOB dan GreatSoft akan terus menghadapi persaingan “signifikan” dari orang-orang seperti Xero dan Reckon.

MYOB pertama kali mengumumkan rencana untuk mengakuisisi GreatSoft pada bulan Oktober. Pada saat itu, CEO MYOB Greg Ellis mengatakan akuisisi tersebut akan mempercepat pengiriman solusi manajemen praktik berbasis cloud oleh perusahaan.

“Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam percepatan MYOB atas solusi manajemen praktik berbasis cloud dan akan memberikan praktik akuntansi dengan kemampuan baru untuk mendorong konektivitas, efisiensi, dan keamanan bagi akuntan dan klien mereka,” ujarnya saat itu.

Diberi izin untuk akuisisi ini adalah cerita yang berbeda dengan ketika MYOB telah mengusulkan untuk mengakuisisi Reckon pada tahun 2018.

ACCC telah menyuarakan kekhawatiran bahwa akuisisi akan menyebabkan MYOB mendapatkan monopoli pasar sebagai hasil dari kesepakatan senilai AU $ 180 juta.

Pada akhirnya, MYOB menarik diri dari kesepakatan tersebut, dengan alasan tidak siap untuk melalui proses regulasi yang panjang yang akan terjadi jika akuisisi dilanjutkan.

CAKUPAN TERKAIT

0 Response to "ACCC memberi MYOB lampu hijau untuk mengakuisisi GreatSoft"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel